Kamis, 11 Februari 2016

memperbaiki tv kabur

Gambar yang blur atau tidak fokus pada televisi seringkali terjadi pada TV model lama atau tabung CRT. Oleh karena itu sebelum kita memperbaikinya sebaiknya kita cek terlebih dahulu apa yang menjadi penyebabnya. Meski sebenarnya dijaman sekarang ini sudah menjadi musimnya TV LED atau LCD, namun banyak juga yang masih menggunakan TV jenis tabung. Berikut beberapa Cara yang bisa dipraktekkan.
Penyebab Gambar TV Kabur
  1. Tabung TV bocor atau sudah rusak
  2. Socket tabung CRT sudah kotor, berkarat, aus, bahkan patah.
  3. Pengaturan fokus flyback rusak.
  4. Elco bertegangan tinggi disekitar flyback rusak
Setelah kita cek televisi yang akan diperbaiki, dan kita temukan penyebabnya maka langkah selanjutnya adalah memperbaikinya
Cara Memperbaiki TV Blur (tidak fokus)
  • Langkah awal sebelum diperbaiki kita cek dahulu dipengaturan remote kita coba atur sharp, brightness dan sebagainya. jika tidak ada masalah lanjut ke langkah berikutnya.
  • Buka casing TV kemudian hidupkan, setelah itu coba atur fokus pada playback sambil memperhatikan ke layar TV apakah ada perubahan atau masih tetap blur, jika tetap. 
  • kita lanjut memeriksa komponen sekitar ply back apakah ada yang mencurigakan, jika tidak langsung saja ke bagian Socket Tabung CRT. Cabut secara perlahan-lahan agar kawat konektor tabung tidak patah. kemudian cek apakah ada kotoran yang menempel atau tidak. Coba bersihkan kemudian cek dengan multimeter apakah ada jalur yang putus. Jika ada segera diperbaiki. 
  • Setelah semua kita cek dan diperbaiki mari kita coba hidupkan TV. Jika belum juga berhasil. berarti anda harus bersabar. mungkin di lain waktu akan dipost jika saya pernah menangani hal selain yang disebutkan.
Jadi pada dasarnya saat mereparasi TV yang buram, Blur, tidak fokus yang penting harus bersabar dan berdoa semoga penyakitnya bisa ditemukan, namun saya sendiri paling sering jika mengalami kerusakan tersebut akibat socket yang kotor atau sudah tidak layak pakai lagi. Oleh karena itu selain yang sudah disebutkan, saya belum menemukan yang lain. Mungkin anda pernah mengalami penyakit yang lain silahkan tuliskan di komentar.

1 komentar:

  1. Slot machine games - JT Hub
    The Slot 김포 출장안마 Machine game can 군산 출장샵 be played online in many ways. You can play all the game on a computer 속초 출장샵 or mobile device 상주 출장샵 and you will be 경산 출장샵 able to play with

    BalasHapus